Siapkan Channel WhatsApp Anda Dengan WhatsApp Cloud API

Omnigo mendukung WhatsApp Business API resmi. Anda dapat menghubungkan nomor telepon dan mulai mengelola pertanyaan pelanggan WhatsApp Anda dari Omnigo. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan kotak masuk WhatsApp Anda dengan WhatsApp Cloud API.

Prasyarat

1. Konfigurasikan Facebook Developer App Anda

Pertama, Anda perlu membuat aplikasi Facebook Developer dengan WhatsApp Product yang diaktifkan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang ada dalam Panduan WhatsApp Cloud API, khususnya bagian yang disebut "Set up Developer Assets and Platform Access".

Setelah menyelesaikan langkah tersebut, Anda dapat mengonfigurasi nomor telepon yang diperlukan dalam bagian WhatsApp pada aplikasi pengembang Facebook Anda. Jika Anda berhasil menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda akan mendapatkan ID Nomor Telepon dan ID Akun WhatsApp Bisnis seperti yang ditampilkan pada tangkapan layar di bawah ini. Omnigo memerlukan nilai-nilai ini untuk membuat kotak masuk WhatsApp.

ALT

2. Konfigurasikan pengguna sistem untuk Facebook Business Manager Anda

Buat pengguna sistem dalam Business Manager Anda dengan akses ke Aplikasi WhatsApp. Hasilkan token akses untuk pengguna tersebut, yang akan diperlukan sebagai kunci API untuk mengatur kotak masuk di Omnigo.

Ketika menggenerate Akses Token, pastikan bahwa izin whatsapp_business_management dan whatsapp_business_messaging sudah dipilih.

1. Buat pengguna sistem di tab Pengguna Sistem dalam Business Manager.

2. Tambahkan pengguna sistem. Di bawah tab Akun WhatsApp, pilih "Tambah Orang"
  dan pilih pengguna sistem untuk memberikan akses ke akun WhatsApp Bisnis.

ALT

3. Hasilkan Akses Token dan Request Permission.

ALT

Anda bisa mengikuti tutorial video berikut ini untuk melihat lebih detail: How to get Permanent Access Token in WhatsApp Cloud API

Setup Inbox Whatsapp Pada Omnigo

  1. Masuk ke menu Pengaturan - Inbox

  2. Lalu klik Tambahkan Kotak Masuk

ALT

  1. Lalu pada halaman tambah kotak masuk, klik icon whatsapp

ALT

  1. Isikan data pada field yang tersedia, data ini yang telah anda dapatkan pada saat melengkapi persyaratan

ALT

  1. Selesaikan step untuk mendapatkan Whatsapp Webhook Callback URL yang selanjutnya akan anda pasang pada halaman Facebook Developer App anda

ALT

  1. Selanjutnya anda perlu menambahkan agent ke channel inbox anda, Klik Disini untuk melihat detail Cara Menambahkan Agent ke Channel Inbox

Aktifkan Webhook

Konfigurasikan Webhook pada Facebook Developer App anda.

Kembali ke bagian WhatsApp di Aplikasi Facebook Developer. Arahkan ke subseksi Konfigurasi dan atur URL Callback (Callback URL).

  • Nilai URL harus sama dengan URL yang Anda peroleh di akhir pembuatan kotak masuk Omnigo

  • Nilai token verifikasi harus sama dengan nilai yang Anda konfigurasikan untuk Token Verifikasi Webhook selama pembuatan kotak masuk.

Anda juga perlu mendaftar pada message fields events di bawah Bagian Webhooks pada Facebook Developer App anda.

Setelah menyelesaikan semua langkah tersebut, bagian tersebut akan terlihat seperti tangkapan layar berikut.

ALT