Tips Mengaplikasikan Omnichannel untuk Bisnismu

Tips Mengaplikasikan Omnichannel untuk Bisnismu

Halo Guys, 

Kembali lagi bersama Min-Go

Kali ini kita bakal belajar tips mengaplikasikan omnichannel untuk bisnis teman-teman semua

Yuk, langsung aja simak postingan berikut ini!

Pahami Konsumen Anda

Setiap konsumen memiliki kecenderungan yang berbeda dalam berbelanja, sehingga sudah menjadi tugas dari pengussaha untuk memahami karakteristiknya. Agar bisa memahami karakteristik konsumen, Anda perlu melakukan riset pengalaman dengan cara berinteraksi melalu semua platform yang tersedia. Bila memungkinkan, Anda juga dapat melakukan survey secara internal atau eksternal

Utamakan Pengalaman Konsumen

Bangunlah rencana secara rinci tentang langkah memberikan pengalaman memuaskan untuk pelanggan. Pastikan fitur dan layanan yang disajikan dapat memberikan solusi dan mempermudah semua konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan memberikan pengalaman yang memuaskan, maka konsumen dapat merasa nyaman dan akan melakukan re-purchasing

Brand Guideline

Pada zaman sekarang, reputasi brand termasuk salah satu hal yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam berbelanja. Alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membangun brand guideline melalui panduan konten kreatif di seluruh channel. Brand guideline dapat mendorong konsumen untuk lebih peduli dan mengenal produk Anda diberbagai lini platform

Segmentasikan Konsumen Anda

Segmentasi konsumen merupakan suatu strategi yang bertujuan menarik konsumen lebih banyak dengan metode pengelompokan atau pemisahan kelompok yang berbeda. Hal ini sangat membantu Anda dalam menyajikan experience yang dipersonalisasi untuk tiap jenis konsumen. Dengan begitu, maka pengalaman berbelanja yang menyenangkan akan didapat oleh konsumen

Personalisasi Seluruh Platform

Setiap konsumen akan merasa bahwa brand yang mereka gunakan dapat mengantisipasi kebutuhan mereka. Jika brand Anda dapat menangkap peluang ini, maka kesetiaan konsumen juga akan mengikuti. Personalisasi cenderung berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih efektif, meningkatkan kepuasan berbelanja, mengasah pengalaman berbelanja yang berbeda, dan memungkinkan untuk melakukan re-purchasing

Gunakan Matrik yang Tepat

Ketepatan matrik sangat penting dalam kaitannya untuk memperoleh data yang akurat. Matrik akan menggambarkan suatu kondisi yang bisa digunakan untuk mengambil langkah terbaik. Matrik dapat menunjukkan komparasi antara pasar saat ini, produk saat ini, pasar yang menyuguhkan produk baru beserta produk barunya

Gunakan Alat Bantu Otomasi Marketing yang Tepat

Terdapat beberapa jenis alat bantu yang dapat dipilih untuk mengoptimasi strategi marketing. Gunakan alat bantu untuk menerapkan strategi bisnis (perencanaan, implementasi, pemasaran). Pastikan untuk menganalisis secara lengkap sebelumm memutuskan untuk memakai alat otomasi untuk optimasi pemasaran produk Anda

Gunakan Data untuk Menyusun Strategi

Data merupakan salah satu elemen penting untuk menyusun strategi pemasaran. Salah satu data yang bisa dipakai yaitu implementasi CRM bagi bisnis. Dengan memakai data CRM, Anda dapat membuat solusi yang paling tepat untuk menanggulangi segala tantangan yang dapat terjadi suatu hari nanti

Jadikan Bisnis Anda Customer-Centric

Customer centric adalah suatu pendekatan yang fokus sepenuhnya ditujukan kepada konsumen. Tips ini dirancang dengan menyesuaikan minat & keperluan dari para konsumen

(sumber: mekari.com)

Untuk memaksimalkan bisnis Anda dengan metode omnichannel marketing, Anda bisa gunakan OMNIGO loh. Dijamin bisnis semakin berkembang & semakin maju. Untuk mengetahui informasi lebih detail, silakan hubungi OMNIGO di 0851-5065-7361