7 Tren Ritel Omnichannel pada Tahun 2023

7 Tren Ritel Omnichannel pada Tahun 2023

Ritel multisaluran adalah strategi perdagangan yang menciptakan pengalaman pelanggan yang lancar di berbagai platform pembelian. Dalam ritel omnichannel, bisnis membawa pengalaman multisaluran lebih jauh dengan menyatukan setiap saluran & menciptakan pelngalaman pengguna tanpa hambatan. 

Nah, berikut ini merupakan 7 tren ritel omnichannel pada tahun 2023 yang telah meluas cakupan & popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir, dan diperkirakan akan berkembang selama beberapa waktu loh Sobat.

Apa saja ya? Hmm........langsung kita simak yuk!

Brick and Mortar kembali lagi

Belanja online telah menjadi dominan di sektor ritel. Penjualan online tumbuh sebesar $244,2 miliar selama tahun 2020. Di sisi lain, tingkat pengembalian online yang tinggi dan biaya akuisisi pelanggan mendorong bisnis untuk mengubah strategi bisnis karena menyadari pentingnya belanja offline (secara langsung)

Perjalanan omnichannel berkembang

Semakin sedikitnya orang yang terlibat dengan satu saluran saat melakukan pembelian, perjalanan pelanggan telah berevolusi menjadi pengalaman omnichannel. Hal ini menyebabkan ritel omnichannel menciptakan beberapa cara untuk melintasi batasan digital dan fisik, diantaranya yaitu:

  1. Pembelian online, pengambilan di toko
  2. Pembelian di toko, pengiriman ke rumah
  3. Pembelian online, pengembalian di toko

Penjualan sosial menjadi lebih kuat

Kehadiran media sosial sangat penting untuk ritel online, karena memungkinkan pelanggan terlibat dengan merek, mempelajari produk, & bergabung dalam komunitas dengan konsumen lainnya. Penjualan global dalam aplikasi sosial akan mencapai $1.298 miliar pada akhir 2023, sehingga menjadikan tempat yang tepat untuk melibatkan pelanggan

Pelanggan mengharapkan lebih banyak dari ritel omnichannel

Survei menemukan sebanyak 76% pelanggan akan berhenti membeli produk perusahaan hanya setelah 1x mengalami pengalaman buruk. Ritel multisaluran merupakan satu-satunya cara untuk mempertahankan keterlibatan pelanggan. 

Data menjadi lebih penting daripada sebelumnya

Data merupakan landasan dari setiap strategi omnichannel yang akan memantau titik kontak dan melacak pelanggan yang kembali, memberi wawasan tentang minat & motivasi. Semakin banyak data yang dimiliki, maka akan semakin mudah untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi, mendorong penjualan tambahan, dan mengukur nilai seumur hidup pelanggan.

Rantai pasokan masih penting

Jika terdapat masalah rantai pasokan, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan, diantaranya yaitu:

  1. Pertahankan transparansi
  2. Jaga komunikasi tetap terbuka
  3. Bersikaplah responsif
  4. Tawarkan solusi kreatif

Belanja virtual menjadi arus utama

Belanja virtual menggabungkan pengalaman di dalam toko dengan manfaat membeli secara online, memungkinkan orang menelusuri produk dari rumah sambil mengakses rekomendasi saran ahli. Jenis penjualan secara virtual telah menarik perhatian konsumen. Hal ini bahkan membantu bisnis dalam periklanan, karena mereka yang menggabungkan fitur virtual dan augmented reality (AR) saat berbelanja

Sumber: business.adobe.com

Nah, jika Sobat ingin tau lebih banyak lagi informasi tentang omnichannel, Sobat bisa langsung gunakan OMNIGO nih. Belajar sekaligus praktik. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi 0851-5065-7361 / 0851-7676-1368