Apakah Omnichannel = Multichannel?

Apakah Omnichannel = Multichannel?

Hai Hai Hai Sahabat.....

Salam sejahtera

Berbicara tentang bisnis dengan fokus pendekatan pemasaran, kadang suka bingung deh dengan istilah omnichannel dan multichannel. Keduanya sama-sama banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Tapi mana sih yang lebih efektif? Atau jangan-jangan 2 hal ini adalah "sama"? Hmmm, bingung banget! Hayoooo, di sini siapa yang masih bingung antara omnichannel & multichannel? Kira-kira omnichannel itu sama dengan multichannel gak sih? Yuk, kita kupas tuntas bersama-sama

Sahabat, omnichannel & multichannel merupakan 2 hal yang berbeda ya.

Omnichannel merupakan pendekatan multisaluran yang bertujuan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan terintegrasi di berbagai titik kontak dan perangkat. Gimana tuh Min maksudnya? Well, Mimin bakal jelasin lebih detail deh. Pendekatan omnichannel ini menyatukan penjualan & pemasaran, sehingga pelanggan dengan mudah berpindah saluran. Salah satu contoh omnichannel adalah OMNIGO.

Multichannel merupakan pendekatan yang sebagian besar digunakan oleh kalangan profesional pemasaran. Hal ini juga merupakan bentuk frasa yang akrab bagi layanan pelanggan dan profesional yang merujuk pada interaksi merek dengan prospek dan pelanggan di berbagai saluran loh.

Sekarang saatnya kita ketahui perbedaan Omnichannel & Multichannel ya Sahabat:

  1. Omnichannel memiliki fokus ke pelanggan, sedangkan multichannel memiliki fokus ke produk
  2. Saluran tautan ritel omnichannel bekerja secara langsung, sedangkan multichannel tidak mengintegrasikan saluran satu sama lain
  3. Pendekatan omnichannel menciptakan pengalaman pelanggan baru, sedangkan pendekatan multichannel membatasi pengalaman pelanggan pada kemampuan masing-masing saluran

(sumber: sis.binus.ac.id)